Simulasi cyclone separator dengan CFD

Cyclone separator merupakan alat untuk memisahkan partikel padat dari aliran gas yang terkontaminasi dan telah lama digunakan dalam aplikasi industri seperti pembangkit listrik, turbin gas, proses kimia, penyedot debu, dan lain sebagainya. Alat ini dikenal sebagai pre-cleaners atau pembersih awal, karena alat ini sangat penting dalam memisahkan partikel besar dan abrasif dari gas buang yang kemudian melalui proses filtrasi tambahan untuk menghilangkan partikel halus. Tujuan dari alat ini adalah langkah pertama dari penyaringan gas buang untuk meminimalkan polusi udara dan bahaya lingkungan yang disebabkan oleh gas buang dari suatu industri.

Desain dari cyclone separator memiliki pola aliran 3D yang cukuk kompleks, sehingga hampir tidak mungkin dimodelkan dengan murni analitis. Salah satu metode yang cukup sering digunakan adalah menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD), yaitu permodelan menggunakan komputer dengan memasukkan parameter-parameter seperti detail geometri, ukuran partikel, maupun kondisi operasionalnya misalkan mass flow rate atau tekanan, sehinga dapat dimodelkan secara komprehensif aliran dan performa dari separator tersebut.

Permodelan CFD yang umum digunakan untuk menghitung efisiensi separator (jumlah partikel yang berhasil dipisahkan dibanding partikel yang masuk) adalah menggunakan Discrete Phase Modeling (DPM), yaitu salah satu metode pada CFD yang memodelkan trayektori masing-masing partikel secara individu, sehingga dengan mudah kita dapat memperhitungkan karakteristik partikel secara detail, misalkan diameter partikel, massa jenis, bahkan permodelan gaya hambatnya.

Atau permodelan menggunakan multiphase eulerian, yaitu permodelan partikel namun dengan volume yang lebih dominan, sehingga terlihat aliran dari partikel-parikel itu sendiri secara masif. Permodelan ini juga sering kali digunakan dalam permodelan fluidized bed.

simulasi CFD separator menggunakan openFOAM

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA SIMULASI CFD SEPARATOR!

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id +62 821-3868-4162

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *