Storage Tank

Storage tank atau yang lebih sering dikenal dengan tangki penyimpanan merupakan salah satu unit atau peralatan yang terdapat dalam bidang teknik proses baik dalam skala kecil, menengah ataupun industri
besar. Alat ini banyak ditemukan di industri kimia seperti industri oil and gas, petrokimia, polimer, dan yang lainnya. Kegunaan storage tank ini sangat luas. Selain untuk penyimpanan, juga sebagai media untuk mengalirkan fluida ke tangki atau unit yang lainnya.

Tangki penyimpanan seringkali berbentuk silinder, tegak lurus dengan tanah dengan dasar datar, dan atap yang rapuh atau terapung. Ada banyak peraturan lingkungan yang diterapkan pada desain dan pengoperasian tangki penyimpanan, seringkali bergantung pada sifat fluida yang terkandung di dalamnya. Tangki penyimpanan di atas tanah berbeda dengan tangki penyimpanan bawah tanah  dalam jenis peraturan yang diterapkan. Tangki penyimpanan di atas tanah dapat digunakan untuk menampung bahan-bahan seperti minyak bumi, bahan limbah, air, bahan kimia, dan bahan berbahaya lainnya, sambil memenuhi standar dan peraturan industri yang ketat.

Contoh bentuk storage tank. Sumber: www.applus.com ; ergil.com ; gsb.co.id

Pembuatan tangki sangat intensif. Keterampilan seorang perakit storage tank sangat dibuktikan dengan
mata terlatih. Baja biasanya dibeli dalam bentuk kumparan sebelum diratakan dan dipotong memanjang. Banyak perakit akan membeli baja dari gudang pemasok yang akan meratakan dan memotong baja menjadi panjang sebelumnya untuk pengiriman.

Kebanyakan perakit akan menggunakan satu potong baja untuk membuat body tangki, jika memungkinkan. Namun, karena diameter yang dibutuhkan pada tangki yang lebih besar (biasanya 12.000 gal atau lebih), bahan stok pencocokan diameter seringkali tidak tersedia. Jika ini terjadi, perakit harus menyatukannya dua atau terkadang tiga lembar baja untuk memenuhi dimensi yang dibutuhkan. Perakit akan mengelas lembaran bersama-sama dan potong agar sesuai dengan radius yang dibutuhkan untuk tangki. Sebelum mengepakkan plat logam body tangki, perakit akan menggiling hasil las dengan logam dasar di area yang akan bersentuhan dengan flange. Tegangan yang ditimbulkan pada pengelasan selama operasi flang dapat menghasilkan retakan.

Tangki memiliki komponen yang relatif sedikit sehingga material cukup mudah untuk dicari dan dipantau dibandingkan dengan produk seperti mobil. Kebanyakan tangki terbuat dari baja rol panas. Banyak perakit tangki akan membeli baja yang memenuhi persyaratan ASTM, misalnya A36 atau A569. Lebih Penting untuk baja, apakah itu bersertifikat ASTM, atau kualitas komersial, adalah karbon atau karbon konten kesetaraan. Kandungan karbon baja tidak boleh melebihi 0,3 persen. Selain itu, kesetaraan karbon tidak boleh melebihi 0,53 persen. Untuk menghitung kesetaraan karbon (CE) baja, gunakan rumus berikut:

CE = C + (Mn + Si)/6 + (Cr +Mo + V)/5 + (Ni + Cu)/15

Standard untuk storage tank yang diatur oleh API dituangkan dalam bentuk dokumen tertulis di bagian API STD 620 tentang Recommended tanks for Design and Construction of Large, Welded, Low and Pressure Storage tanks. Dimana diatur beberapa hal mengenai konstruksi tangki, antara lain:

  • Volume ruang uap: diatas level desaindari high liquid diatas nilai kapasitas jangan kurang dari 2% dari kapasitas total liquid.
  • Suhu dari liquid, uap atau gas di dalam tangki atau ketika masuknya tidak boleh lebih dari 250°F.
  • Tekanan maksimum tangki disesuaikan dengan rating nominal tekanan untuk tangki dan tidak boleh lebih dari 15 Ibf/in2 gauge (1,034 bar g).
  • Sistem perpipaan dan material pipa yaitu Carbon steel pipa sesuai dengan standard ASTM A 53.

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Storage_tank&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=sear (diakses pada tanggal 22 April 2021)

https://www.applus.com/global/en/what-we-do/service-sheet/storage-tank-inspection (diakses pada tanggal 22 April 2021)

https://ergil.com/storage-tanks/ (diakses pada tanggal 22 April 2021)

https://gsb.co.id/product/storage-tank-for-cpo/ (diakses pada tanggal 22 April 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *