Pengolahan Air di Industri (Industrial Water Treatment)

Air sangat penting bagi kehidupan sehari-hari dan berfungsi sebagai elemen penting untuk kesehatan, kebersihan, dan produktivitas komunitas kita. Oleh karena itu perlu adanya metode-metode untuk mengelola air kita supaya kualitasnya terjaga. Seiring berkembangnya zaman, muncul beberapa metode untuk mengelola air yang telah habis pakai atau kotor menjadi bersih kembali. Metode pengelolaan air ini sering disebut sebagai water treatment.

Water treatment adalah proses pengolahan peningkatkan kualitas air agar lebih diterima untuk penggunaan akhir dengan kondisi tertentu. Penggunaan akhir yang dimaksud adalah minum, pasokan air industri, irigasi, pemeliharaan aliran sungai, rekreasi air atau banyak kegunaan lainnya, termasuk dengan aman dikembalikan ke lingkungan.

Untuk memenuhi standar operasional di Industri mengenai permasalahan air, Industri harus merancang dan membuat peralatan pengolahan air industri. Pengolahan air industri dapat mencegah korosi, kerak, pertumbuhan biologis dan untuk memastikan bahwa standar pembuangan air terpenuhi. Tanpa penghapusan mineral berbahaya, dan gas korosif, infrastruktur peralatan proses industri seperti sistem perpipaan, menara pendingin, dan boiler semuanya akan mengalami potensi korosi dan kegagalan sistem yang besar. Kegagalan sistem dapat terjadi ketika proses pengolahan air industri menjadi tidak seimbang dan komponen penting terpapar zat korosif yang berbahaya. Peralatan penting seperti produksi uap seringkali terhenti karena kerak atau korosi yang mengurangi efisiensi.

Macam-macam Pengolahan Air di Industri

Reverse Osmosis. proses di mana air dipaksa melalui membran semipermeabel untuk menghilangkan molekul, ion, dan partikel yang lebih besar. Membran dienkapsulasi di dalam bejana atau tabung dan tekanan yang diterapkan digunakan untuk mengatasi tekanan osmotik air. Tekanan dihasilkan oleh pompa bertekanan tinggi dan tekanan pompa dapat bervariasi tergantung pada jenis membran, kondisi air baku, dan kualitas air akhir yang dibutuhkan. Air yang diolah disebut sebagai “permeate” dan air buangan disebut sebagai “konsentrat”. Padatan yang terdiri dari molekul, ion, atau bahkan bakteri tetap berada di luar membran dan dibuang melalui ujung tabung.

Reverse Osmosis

Deaeration tower. Menara yang menggunakan blower untuk menciptakan aliran udara arus silang di dalam menara karena berdampak pada feed water. Air dimasukkan ke bagian atas menara dan oleh gravitasi air mengalir ke bawah dan melintasi berbagai macam filtrasi saat aliran udara arus silang bergerak ke atas dan habis di bagian atas menara. Efisiensi deaerator meningkat dengan kenaikan suhu air, penyesuaian pH yang tepat, pemilihan jenis media, dan volume aliran udara.

Deaeration Tower

Ion exchange water treatment. Metode di mana satu atau lebih kontaminan ionik yang tidak diinginkan dihilangkan dari air melalui pertukaran dengan substansi ionik lain yang tidak dapat diterima, atau yang kurang dapat diterima. Kontaminan dan zat yang ditukar harus dilarutkan dan memiliki jenis muatan listrik yang sama (positif atau negatif). Contoh tipikal pertukaran ion adalah proses yang disebut “pelunakan air” yang bertujuan untuk mengurangi kandungan kalsium dan magnesium. Namun demikian, pertukaran ion juga efisien dalam menghilangkan logam beracun dari air.

Ion Exhcange

Analisis aliran fluida terlebih lagi yang melibatkan reaksi kimia seperti yang dijelaskan di atas merupakan proses yang terlalu kompleks untuk dianalisis secara analitis yang pada umumnya hanya untuk pendekatan awal saja. Secara umum, metode yang dapat dilakukan untuk analisis aliran fluida yang bahkan di dalamnya terdapat berbagai macam reaksi adalah menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD); untuk mempelajari tentang CFD >>Klik di sini!

Adapun kami juga menyediakan solusi bagi anda mechanical engineer yang ingin meningkatkan kompetensinya dengan menambah skill desain sistem water treatment, kami menyediakan training yang dihandle oleh para ahli di bindangnya, baik expert lapangan maupun akademis. Berikut adalah tema-tema training seputar water treatment:

>>Training: Drinking water treatment and challenges in industry

>>Training: Optimization of wastewater treatment in the petroleum industry

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TEKNIK UMUM LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

https://www.deloachindustries.com/the-definitive-guide-to-industrial-water-treatment (diakses pada tanggal 4 Mei 2021)

https://www.dupont.com/content/dam/dupont/amer/us/en/water-solutions/public/documents/en/45-D00506-en.pdf (diakses pada tanggal 4 Mei 2021)

https://www.tanindo.net/penjelasan-reverse-osmosis-1/ (diakses pada tanggal 4 Mei 2021)

https://www.mrwa.com/WaterWorksMnl/Chapter%2019%20Membrane%20Filtration.pdf (diakses pada tanggal 4 Mei 2021)

https://sswm.info/sswm-university-course/module-6-disaster-situations-planning-and-preparedness/further-resources-0/ion-exchange#:~:text=Ion%20exchange%20is%20a%20water,or%20less%20objectionable%20ionic%20substance.&text=A%20typical%20example%20of%20ion,reduce%20calcium%20and%20magnesium%20content. (diakses pada tanggal 4 Mei 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *