manifolds and gathering

Manifold adalah sistem pipa header dan bercabang yang digunakan untuk mengumpulkan atau mendistribusikan fluida yang diinginkan. Biasanya manifold terdiri dari katup kontrol aliran fluida on/off , dan termasuk perangkat kontrol aliran lainnya (misalnya choke) jika ini tidak dipasang pada individual tree bawah laut.

Manifold dapat digunakan untuk mengumpulkan fluida yang diproduksi dan mengarahkan sumur yang dipilih ke jalur uji sumur, serta untuk mendistribusikan fluida injeksi (gas atau air) atau gas lift ke sumur individu. Alternatif penggunaan katup individu pada setiap jalur cabang adalah penggunaan selektor multiport yang dapat dialihkan dari jarak jauh untuk mengarahkan sumur yang diinginkan ke jalur uji misalnya, sementara membiarkan semua sumur lainnya mengalir ke jalur produksi utama.

Peralatan penunjang manifold untuk pengumpulan dan distribusi umumnya ada dua macam yaitu:

Pipeline and Risers

Risers. Sumber: https://www.rigzone.com/training/insight.asp?insight_id=308&c_id=

Fasilitas ini menggunakan sumur produksi bawah laut. Kepala sumur Tekanan Tinggi (HP) yang khas di dasar, denganchristmas tree dan choke, terletak di dasar laut. Riser produksi (lepas pantai) atau jalur pengumpul (onshore) membawa aliran sumur ke dalam manifold. Saat reservoir diproduksi, tekanan sumur bisa turun dan menjadi Sumur bertekanan rendah (LP).

Jalur ini mencakup beberapa check valve. Katup choke, master, dan wing alirannya relatif lambat oleh karena itu dalam hal penghentian produksi, tekanan sebelum yang pertama katup sectioning tertutup akan naik ke tekanan kepala sumur maksimum sebelum ini katup dapat menutup. Pipeline dan riser dirancang dengan mempertimbangkan hal ini.

Jarak pipa yang pendek tidak menjadi masalah, tetapi jarak yang lebih jauh dapat menyebabkan multifase sumur mengalir untuk memisahkan dan membentuk siput yang parah, sumbat cairan dengan gas di antaranya, bepergian di dalam pipa. Slugging yang parah dapat mengganggu proses pemisahan, dan juga menyebabkan shutdown keselamatan overpressure. Slugging mungkin juga terjadi di sumur seperti yang dijelaskan sebelumnya. Slugging dapat dikontrol secara manual dengan menyetel choke, atau dengan kontrol slug otomatis. Selanjutnya, area kondensat berat dapat terbentuk di pipa. Pada tekanan tinggi, sumbat ini dapat membeku pada suhu laut normal, misalnya jika produksi ditutup atau dengan offset panjang. Ini dapat dicegah dengan menyuntikkan etilen glikol. Injeksi Glocol tidak digunakan di Njord.

Floater Njord memiliki topside choke untuk sumur bawah laut. Diagram juga menunjukkan bahwa Kill Fluid, pada dasarnya Lumpur dengan berat jenis tinggi, dapat disuntikkan ke dalam sumur sebelum ke choke.

Production, test and injection manifolds

Oil and gas manifold. Sumber: http://www.sunrypetro.com/division_manifold.html

Check valve memungkinkan setiap sumur untuk dialihkan ke satu atau lebih dari beberapa Manifold Garis. Akan ada setidaknya satu untuk setiap rangkaian proses ditambah Manifold tambahan untuk tujuan pengujian dan penyeimbangan. Dalam diagram kami menunjukkan tiga: Uji, Tekanan Rendah dan Manifold Tekanan Tinggi. Manifold uji memungkinkan satu atau lebih sumur untuk dirutekan ke pemisah tes. Karena hanya ada satu rangkaian proses, manifold HP dan LP memungkinkan kelompok sumur HP dan LP untuk dibawa ke separator tahap pertama dan kedua masing-masing. Choke diatur untuk mengurangi aliran dan tekanan kepala sumur ke tekanan HP dan LP yang diinginkan masing-masing.

Pengaturan yang diinginkan untuk setiap sumur dan sumur mana yang berproduksi pada HP dan LP untuk berbagai tingkat produksi ditentukan oleh spesialis reservoir untuk memastikan produksi dan tingkat pemulihan.

>>KLIK DISINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL PROSES PRODUKSI MINYAK DAN GAS LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Devold, Havard. 2006. Oil and Gas Production Handbook: An Introduction to Oil and Gas Production. Oslo: ABB ATPA Oil and Gas.

https://www.rigzone.com/training/insight.asp?insight_id=308&c_id= (diakses pada tanggal 7 September 2021)

http://www.sunrypetro.com/division_manifold.html (diakses pada tanggal 7 September 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *