Proses dan Peralatan Forming pada Lembaran Logam

Produk yang terbuat dari lembaran logam ada di sekitar kita. Mereka termasuk rentang yang sangat luas dari produk konsumen dan industri, seperti kaleng minuman, peralatan masak, lemari arsip, meja logam, peralatan, badan mobil, trailer, dan badan pesawat. Lembaran forming tanggal kembali ke sekitar 5000 SM, ketika peralatan rumah tangga dan perhiasan yang dibuat dengan cara memalu dan mencap emas, perak, dan tembaga. Dibandingkan dengan itu dibuat dengan casting dan dengan penempaan, peralatan lembaran logam menawarkan keuntungan dari berat ringan dan bentuk serbaguna.

Shearing

Sebelum lembaran logam dibuat, ruang kosong dengan dimensi yang sesuai terlebih dahulu dihilangkan dari lembaran besar (biasanya dari kumparan) dengan cara shearing. Lembaran ini dipotong dengan memberi tegangan geser, umumnya menggunakan punch dan die. Perhatikan bahwa ujung-ujungnya tidak licin dan juga tidak tegak lurus terhadap bidang lembaran.

Shearing umumnya dimulai dengan pembentukan retakan di bagian atas dan bawah tepi benda kerja (di titik A dan B, dan C dan D, pada Gambar 1). Retakan ini akhirnya bertemu satu sama lain dan pemisahan lengkap terjadi. Permukaan fraktur yang kasar disebabkan oleh retakan; permukaan mengkilap yang halus dan mengkilap pada lubang dan slug berasal dari kontak dan gesekan tepi yang dicukur terhadap dinding pukulan dan mati, masing-masing.

Parameter pemrosesan utama dalam shearing adalah:

  • Bentuk punch dan die
  • Kecepatan tumbukan dari punch
  • Pelumasan
  • Clearance antar punch dan die
Skema shearing dengan punch dan die

Bending

Bending adalah salah satu operasi forming industri yang paling umum. Kita dapat melihat bodi mobil, peralatan, klip kertas, atau lemari arsip untuk mengetahui berapa banyak komponen yang dibentuk dengan bending. Selanjutnya, bending juga memberikan kekakuan ke komponen dengan meningkatkan momen inersianya. Perhatikan, misalnya, bagaimana kerutan, flange, bead, dan jahitan meningkatkan kekakuan struktur tanpa menambahkan bobot apa pun. Sebagai contoh spesifik, amati diameter kekakuan kaleng logam dengan dan bead melingkar.

Terminologi yang digunakan dalam pembengkokan lembaran atau pelat adalah ditunjukkan pada Gambar di bawah. Perhatikan bahwa serat luar material dalam keadaan tegang, sedangkan serat bagian dalam mengalami gaya tekan. Karena efek Poisson, lebar benda (panjang tikungan, L) menjadi lebih kecil di wilayah luar dan lebih besar di wilayah dalam dari lebar aslinya. Fenomena ini dapat diamati dengan mudah dengan menekuk karet penghapus persegi panjang dan mengamati perubahan bentuknya.

Efek inklusi memanjang (stringer) pada retak sebagai fungsi arah bending terhadap arah penggulungan awal lembaran.
Metode-metode bending

Deep Drawing

Banyak komponen yang terbuat dari lembaran logam berbentuk silinder atau kotak, seperti pot dan panci, semua jenis wadah untuk makanan dan minuman, wastafel dapur, tabung, dan tangki bahan bakar otomotif. Komponen seperti itu biasanya dibuat oleh proses pemukulan lembaran logam datar ke dalam rongga cetakan. Meskipun prosesnya umumnya disebut deep drawing (karena kemampuannya untuk memproduksi bagian-bagian yang dalam), juga digunakan untuk membuat bagian-bagian yang dangkal atau kedalaman sedang. Ini adalah salah satu proses pengerjaan logam yang paling penting karena tersebar luas pemakaiannya.

Skema deep drawing

Dalam proses dasar deep-drawing, Lembaran logam bundar ditempatkan di atas bukaan die melingkar dan ditahan di tempatnya dengan blankholder, atau cincin penahan. Pemukul bergerak ke bawah dan memaksa lembaran ke dalam rongga die, membentuk cangkir.

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL SEPUTAR TEKNOLOGI MANUFAKTUR LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Kalpakjian, Serope dan Schmid, Steven R. (2009). Manufacturing Engineering and Technology (6th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Author: admin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *