Proses Ektrusi dan Drawing Pada Logam

Ekstrusi dan drawing memiliki banyak aplikasi dalam pembuatan kontinu serta produk diskrit dari berbagai macam logam dan paduan. Plastik juga diekstrusi secara ekstensif. Dalam ekstrusi, billet silinder adalah dipaksa melalui cetakan dengan cara yang mirip dengan meremas pasta gigi dari tabung atau mengekstrusi plastisin di berbagai penampang di mesin press mainan. Berbagai macam padatan atau penampang berongga dapat diproduksi dengan ekstrusi, yang pada dasarnya komponen setengah jadi. Karakteristik ekstrusi (dari bahasa Latin extrudere, yang berarti “memaksa” keluar”) adalah bahwa deformasi besar dapat terjadi tanpa patah karena material berada di bawah kompresi triaksial yang tinggi. Karena geometri die tetap tidak berubah sepanjang operasi, diekstrusi produk biasanya memiliki penampang konstan.

Ektrusi

Ada tiga tipe dasar ekstrusi. Dalam proses yang paling umum (disebut direct atau ekstrusi maju), billet ditempatkan di ruang (wadah) dan dipaksa melalui bukaan die oleh ram yang digerakkan secara hidraulik (batang penekan atau pukulan), seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Bukaan cetakan dapat bulat, atau memiliki berbagai bentuk, tergantung pada profil yang diinginkan. Fungsi balok tiruan yang ditunjukkan pada gambar adalah untuk melindungi ujung batang pengepres (punch), terutama pada ekstrusi panas.

Direct Extrusion

Dalam ekstrusi tidak langsung (juga disebut ekstrusi terbalik, terbalik, atau mundur), die bergerak menuju billet yang tidak diekstrusi. Ekstrusi tidak langsung memiliki keuntungan tidak memiliki gesekan billet-wadah, karena tidak ada gerakan relatif. Dengan demikian, ekstrusi tidak langsung digunakan pada material dengan gesekan yang sangat tinggi, seperti baja berkekuatan tinggi.

Dalam ekstrusi hidrostatik, diameter billet lebih kecil daripada ruang (yang diisi dengan cairan), dan tekanan ditransmisikan ke cairan oleh seekor domba jantan. Tekanan fluida menghasilkan tegangan tekan triaksial yang bekerja pada benda kerja dan dengan demikian meningkatkan sifat mampu bentuk; juga, ada lebih sedikit wadah benda kerja gesekan daripada di ekstrusi langsung. Jenis ekstrusi yang kurang umum adalah ekstrusi lateral (atau samping).

Jenis Ekstrusi (a) indirect; (b) hydrostatic; (c) lateral

Drawing (Penarikan)

Dalam drawing, penampang batang atau kawat panjang dikurangi atau diubah dengan menarik melalui die disebut draw die. Dengan demikian, perbedaan antara drawing dan ekstrusi adalah dalam ekstrusi material didorong melalui die, sedangkan dalam drawing itu ditarik melalui die. Produk batang dan kawat mencakup berbagai aplikasi yang sangat luas, termasuk poros untuk transmisi daya, mesin dan komponen struktural, ruang kosong untuk baut dan paku keling, kabel listrik, kabel, anggota struktur yang dibebani tegangan, elektroda las, pegas, klip kertas, jari-jari roda sepeda, dan alat musik petik.

Proses drawing

Peralatan Drawing

Meskipun tersedia dalam beberapa desain, peralatan untuk drawing pada dasarnya ada dua jenis: draw bench dan bull block.

Draw bench berisi satu die, dan desainnya mirip dengan die panjang, mesin uji tegangan horizontal. Gaya tarik disuplai oleh penggerak rantai atau diaktifkan secara hidrolik. Draw bench digunakan untuk drawing panjang tunggal batang lurus dan tabung dengan diameter lebih besar dari 20 mm (0,75 in.) dan panjang hingga 30 m (100 kaki). Kapasitas mesin mencapai 1,3 MN (300 klb) dengan rentang kecepatan 6 hingga 60 m/menit (20 hingga 200 kaki/menit).

Batang dan kawat yang sangat panjang (beberapa kilometer) dan kawat dengan penampang yang lebih kecil, biasanya kurang dari 13 mm (0,5 in.), ditarik oleh drum yang berputar (bull block atau penggulung). Tegangan dalam pengaturan ini memberikan gaya yang diperlukan untuk drawing kawat, biasanya melalui beberapa die (tandem drawing).

Draw Bench
Pembuatan kawat menggunakan bull block/drum

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL SEPUTAR TEKNOLOGI MANUFAKTUR LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Kalpakjian, Serope dan Schmid, Steven R. (2009). Manufacturing Engineering and Technology (6th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Author: admin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *