JASA SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS PADA AIRFOIL

Anda punya projek atau penelitian yang membutuhkan data terkait aliran fluida atau perpindahan panas?

Kami memberikan solusi jasa simulasi CFD dan pengolahan datanya. Hasil simulasi dapat berupa data-data kuantitatif, grafik, gambar hingga video beserta pembahasan, kesimpulan dan saran dari penelitian atau desain yang dilakukan. Baik untuk keperluan pribadi maupun instansi; untuk konsultasi permasalahan engineering secara umum maupun project support bagi anda yang sedang mengerjakan simulasi CFD namun kesulitan dalam operasionalnya.

Salah satu permasalahan yang paling umum, atau bahkan yang pertama kali dikembangkan dalam sejarah pengembangan CFD adalah pada industri aerospace, misalkan desain airfoil yang optimal untuk pesawat terbang.

Menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD), kita dapat dengan mudah mendesain airfoil dengan cara merubah-rubah bentuk airfoil, misal merubah ukuran kelengkungan, jari-jari ujungnya, ketebalanya dan lain-lain sehingga diperoleh gaya angkat yang sebesar-besarnya dan gaya hambat yang sekecil-kecilnya. Percobaan dengan wind tunnel bisa saja dilakukan, namun akan makan cukup banyak biaya dan waktu untuk pembuatan model nya.

analisa stall pada airfoil menggunakan CFD

Meskipun terlihat sederhana, namun fenomena yang terjadi pada pembentukan gaya angkat atau gaya hambat pada airfoil sangatlah kompleks; di mana di dalamnya terdapat fenomena boundary layer, separasi aliran, adverse pressure gradient, hingga stall yang sangatlah random.

Untuk model yang sangat banyak, menggunakan wind tunnel dapat menjadi pekerjaan yang memakan waktu sangat banyak dan membutuhkan biaya untuk membuat prototype nya, sehingga pada umumnya hasil dari wind tunnel hanya digunakan sebagai acuan verifikasi dan validasi untuk setingan yang kita buat. (meskipun hal ini tidak wajib, mengingat hasil dari wind tunnel bisa saja memiliki akurasi yang lebih rendah dari CFD karena juga tergantung dari operator yang menyiapkan penelitian tersebut). Berikut adalah contoh hasil CFD terhadap wind tunnel untuk perhitungan lift to drag ratio:

ilustrasi grafil L/D terhadap sudut serang

Dengan CFD, kita dapat dengan mudah memperoleh insight yang lebih mendalam terkait fenomena apa saja yang terjadi pada aliran, sehingga kita dapat menentukan dan mengevaluasi sumber terjadinya gaya hambat yang tinggi, meningkatkan suction pressure untuk meningkatkan gaya angkat, atau bahkan merubah pola aliran sehingga dapat menunda stall pada berbagai kondisi operasional yang berbeda, misalkan dengan variasi Reynold number.

analisis flap pada airfoil dengan CFD

Aplikasi lain yang dapat dilakukan adalah mendesain control surfaces, misalkan flap, slat, dan lain sebagainya, yang merupakan bagian terintegrasi dari airfoil itu sendiri. Perhitungan dari control surfaces juga tidak dapat kita peroleh secara langsung dari perhitungan matematis sederhana, karena interaksi antara defleksi control surface dengan aliran dari airfoil dasarnya menghasilkan pola aliran yang sangat kompleks.

Profile/portfolio: caesar wiratama

>>PELAJARI SELENGKAPNYA TENTANG JASA CFD KAMI KLIK DI SINI!

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.