JASA SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS PADA PROPELLER KAPAL

Anda punya projek atau penelitian yang membutuhkan data terkait aliran fluida atau perpindahan panas?

Kami memberikan solusi jasa simulasi CFD dan pengolahan datanya. Hasil simulasi dapat berupa data-data kuantitatif, grafik, gambar hingga video beserta pembahasan, kesimpulan dan saran dari penelitian atau desain yang dilakukan. Baik untuk keperluan pribadi maupun instansi; untuk konsultasi permasalahan engineering secara umum maupun project support bagi anda yang sedang mengerjakan simulasi CFD namun kesulitan dalam operasionalnya.

Salah satu sistem yang paling umum dianalisis menggunakan CFD adalah propeller. Propeller atau baling-baling merupakan salah satu bagian penggerak kapal yang terpenting. Secara umum, propeller disambungkan dengan poros engine kapal sehingga terjadi perputaran yang menyebabkan propleer berputar dan menghasilkan gaya dorong.

Interaksi aliran rotasi yang berinteraksi secara kompleks membuat aliran yang terjadi pada pembentukan gaya dorong dan torsi propeller. Aliran yang kompleks tersebut membuat perhitungan desain propeller menjadi sangat sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan menggunakan analitis murni, terutama penentuan efisiensi atau koefisien torsi. Salah satu metode yang paling umum digunakan untuk mendesain propeller adalah menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD).

Menggunakan CFD kita dapat dengan mudah memprediksi tekanan yang terjadi pada blade-blade propeller, sehingga dengan mengintegralkan distribusi tekanan tersebut pada luas propeller akan diperoleh gaya dorong (thrust) yang dihasilkan, serta gaya yang ke arah tangensial dapat kita gunakan untuk menghitung total torsi yang dibutuhkan untuk memutar propeller:

Distribusi tekanan dengan CFD

Selain perhitungan-perhitungan basic seperti gaya-gaya yang terjadi, menggunakan CFD kita juga dapat dengan mudah mempelajari detail dari aliran yang terjadi bahkan interaksinya dengan hull kapal atau perahu, dan dapat dijadikan sebagai acuan analisis secara lebih komprehensif.

Pola streamline dengan CFD

Menggunakan CFD kita dapat dengan mudah dan cepat merubah bentuk dan ukuran dari propeller, dibandingkan dengan eksperimen langsung. Kami memberikan solusi berupa project support bagi anda yang mengerjakan simulasi CFD pada propeller kapal, serta konsultasi pembuatan simulasi, penjelasan setingan, hingga pembahasan hasilnya.

Profile/portfolio: caesar wiratama

>>PELAJARI SELENGKAPNYA TENTANG JASA CFD KAMI KLIK DI SINI!

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV MARKOM dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.