RISET AERODINAMIKA PESAWAT TERBANG DENGAN CFD

Desain pesawat terbang merupakan suatu kegiatan yang cukup menantang dan menjadi passion bagi sebagian orang. Dalam tahap desainya, pesawat terbang terdiri dari proses-proses yang cukup panjang seperti conceptual design, preliminary design, detail design hingga desain untuk proses produksinya.

Cukup banyak terdapat buku-buku terkait dasar-dasar desain aerodinamika pesawat terbang, mulai dari teori pemilihan airfoil, penentuan ukuran sayap (span, chord, twist dll) hingga teori tentang interaksi antar komponen misalkan interaksi antara aliran propeller dengan sayap, interaksi fuselage dengan sayap, interaksi sayap dengan empenage dan lain sebagainya. Namun, teori-teori tersebut sangatlah umum dan kadang membutuhkan ketelitian dan pekerjaan yang ekstra untuk memperoleh konfigurasi yang optimal dari semua interaksi-interaksi tersebut.

Terlebih lagi, untuk pesawat dengan sayap non konvensional seperti adanya winglet, swept-back, sayap delta, ataupun dengan twist tertentu, teori-teori yang sudah ada kadang tidak cukup untuk mendeskripsikan permasalahan-permasalahan tersebut.

Di sisi lain, untuk mendapatkan analisa yang lebih komprehensif seperti aerodinamika karena interaksi-interaksi yang telah dijelaskan diatas serta konfigurasi-konfigurasi yang unik biasa digunakan metode eksperimen menggunakan wind tunnel. Metode ini cukup baik dalam menghasilkan data yang akurat, namun cenderung tidak fleksibel karena kita harus membuat model fisiknya terlebih dahulu yang mana membutuhkan waktu dan biaya.

Salah satu metode yang sudah berkembang dengan cukup cepat sebagai pertengahan antara metode analitis dengan eksperimen adalah menggunakan computational fluid dynamics (CFD). Metode yang sudah digunakan oleh NASA sejak tahun 1970an untuk mendesain pesawat supersonik tersebut mampu merepresentasikan model pesawat terbang secara keseluruhan tanpa penyederhanaan fitur-fitur utamanya sehingga mampu memprediksi performa aerodinamika secara lebih komprehensif. Kemudian, metode CFD ini sangatlah fleksibel dibandingkan dengan eksperimental, karena model yang harus kita buat hanyalah model virtual yang dibuat menggunakan komputer. Metode ini sering kali disebut juga dengan eksperimen numerik.

simulasi CFD pada pesawat tempur dengan CFD openFOAM

Meskipun riset menggunakan CFD dapat dilakukan secara independent, yaitu tidak perlu dibandingkan dengan data eksperimen (bahkan desain peralatan uji laboratorium sering kali didesain menggunakan metode CFD ini), tidak jarang juga hasil CFD dibandingkan dengan eksperimen lab. Sebagai contoh hasil uji CFD winglet pesawat boeing 737 yang kami bandingkan dengan hasil uji wind tunnel di laboratorium yang kami bandingkan nilai L/D nya terhadap sudut serang sebagai berikut:

Dari hasil perbandingan di atas, dapat dilihat hasil yang diperoleh dari simulasi CFD dan eksperimen wind tunnel memiliki trend dan nilai yang berdekatan. Dapat dilihat pula bahwa simulasi CFD mampu memprediksi aliran stall yang terjadi tidak seprti perhitungan analitis yang hanya terbatas pada aliran sebelum stall.

Selain perhitungan-perhitungan dasar seperti gaya angkat, drag, moment, lift-to-drag ratio dll, dapat juga dianalisis bagian-bagian lain yang cukup detail seperti aliran pada landing gear, aliran sekitar engine UAV, atau aliran stall dan vortex, serta desain control surfaces sebagai contoh:

simulasi stall pada airfoil dengan CFD openFOAM
simulasi tip vortex dengan CFD openFOAM
desain flap dengan CFD openFOAM

Selain memprediksi karakteristik aerodinamika pada aliran diluar pesawat, CFD juga dapat digunakan untuk menganalisis reaksi kimia seperti pembakaran pada ruang bakar (combustion chamber) mesin pesawat terbang sebagai berikut:

simulasi pembakaran pada turbin gas propulsi dengan CFD openFOAM

Meskipun memiliki kapabilitas dan hasil yang cukup detail dan komprehensif, namun bagi operator yang belum terbiasa menggunakan CFD dapat menjadi kesulitan tersendiri dalam mempelajari nya. Kami memberikan solusi berupa project support serta konsultasi simulasi pada pesawat terbang.

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA SIMULASI CFD PESAWAT TERBANG !

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id +62 821-3868-4162

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *