Pompa Fluida

Pompa fluida adalah alat atau mesin yang bekerja untuk memindahkan fluida cair dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dalam hal ini fluida yang dipindahkan adalah fluida cair yang tak mampu mampat seperti air, oli dan minyak pelumas.

Pompa fluida akan menaikkan cairan dari suatu tempat yang bertekanan rendah ke tempat yang bertekanan tinggi. Pompa ini memanfaatkan peralatan mekanis untuk mengkonversi energi mekanik menjadi energi aliran fluida. Energi mekanik adalah energi potensial dan energi kinetik berdasarkan ketinggian dan kecepatan putaran motor yang berfungsi sebagai penggerak pompa.

Sumber: www.insinyoer.com

Dalam hal ini, motor akan berputar untuk menggerakkan poros pompa sehingga ketika poros pompa berputar, sudu-sudu impeller pompa dan fluda atau cairan yang berada di dalam pompa akan ikut berputar menyebabkan tekanan dan kecepatan fluida juga akan meningkat sehingga cairan dalam mengalir dan melaju dari tempat rendah menuju tempat yang tinggi.

Sudu- sudu impeller berputar dengan kecepatan tertentu untuk mengubah energi mekanik yang berasal dari putaran motor menjadi energi aliran fluida. Proses perputaran tersebut menyebabkan fluida berotasi dengan kecepatan tertentu sehingga tekanannya meningkat dari keadaan semula.

Fluida atau cairan yang telah terkonversi melalui putaran impeller akan masuk ke saluran yang berbentuk spiral berputar menuju saluran keluar yang terhubung dengan nozzel. Nozzel ini akan mengarahkan fluida atau cairan untuk dialirkan ketempat yang lebih tinggi.

Pengaplikasian pompa fluida digunakan pada sistem pompa air, peralatan dan perkakas hidrolik, pompa hidrolik dan dalam industri skala besar yang membutuhkan sistem pemindahan fluida. Dalam pengaplikasiannya, pompa fluida ini ada beberapa jenis sesuai dengan penggunaan dan cara kerjanya sesuai dengan kebutuhan terhadap pengaplikasiannya itu sendiri diantaranya pompa sentrifugal, positive displacement pumps, jet pumps, air lift pumps, hydraulic pumps dan electromagnetic pumps.

Pompa sentrifugal adalah pompa tekan dinamis yang mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik. Hidrolik adalah suatu alat yang digerakkan oleh fluida atau cairan. Pompa hidrolik adalah pompa yang menggunakan penggerak sistem hidrolik.

Pada dasarnya pompa-pompa fluida tersebut memeliki prinsip kerja yang sama untuk memindahkan fluida dan menggerakkan suatu alat dengan menggunakan cairan. Yang membedakannya adalah pengaplikasian pada tempat yang berbeda.

Kontributor: Rizki Maulizar (rizkimaulizar23@gmail.com)

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Sumber:
https://www.insinyoer.com/prinsip-kerja-pompa-centrifugal/ (Diakses pada 6 April 2021)

Citra Dewi, Caecilia. 2014. Teknologi Dasar Otomotif Untuk SMK/MAK Kelas X.
Surakarta: Putra Nugraha.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *