Simulasi CFD pada lambung (hull) kapal

Desain lambung (hull) kapal dan perahu merupakan pekerjaan yang cukup menantang karena terdapat cukup banyak variabel yang harus diperhitungkan. Salah satu perhitungan yang cukup penting dalam desain hull adalah hambatan atau resistance, karena besarnya hambatan menentukan efektif-tidaknya desain hull yang kita buat, lebih dari itu, hambatan ini juga akan mempengaruhi besarnya daya mesin yang dibutuhkan untuk menggerakkan kapal. Hal yang pertama kali perlu kita pahami dalam perhitungan gaya hambat ini adalah interaksi lambung dengan sistem propulsi.

Faktor-faktor yang berperan dalam pembentukan gaya hambat pada lambung kapal adalah (1) friction: yaitu gesekan antara dinding lambung kapal dengan air yang bersifat viscous, (2) pressure: yaitu akibat bentuk kapal yang “menghadang” laju aliran air pada bagian depan, ataupun “tersedot” ke belakang akibat meninggalkan air, serta (3) wave: atau gelombang yang terjadi akibat gangguan pada permukaan free surface antara udara dengan air, yang pada titik tertentu justru akan memiliki pengaruh yang paling dominan.

Desain terutama perhitungan tahanan pada kapal sangatlah kompleks jika dilakukan menggunakan perhitungan analitis (matematika murni), sehingga diperlukan eksperimen untuk menghitungnya dengan lebih mudah, misalkan menggunakan towing tank. Namun, biaya pengujian dan waktu pembuatan prototype tersebut relatif tinggi; sehingga kecenderungan desain saat ini untuk hull kapal adalah menggunakan computational fluid dynamics (CFD) yaitu menggunakan metode komputasi.

Dari uraian pembentukan gaya hambat di atas, menggunakan CFD kita dapat memprediksinya secara lebih detail dan juga komprehensif. Berikut adalah contoh-contoh simulasi CFD pada hull untuk menghitung beberapa parameter seperti friction, pressure, serta gelombang:

simulasi CFD friction pada hull
simulasi CFD pressure pada hull
simulasi CFD gelombang permukaan air sekitar hull

Kami memberikan solusi bagi anda untuk menghitung performa hull yang sedang anda desain.

>>KLIK DI SINI UNTUK JASA SIMULASI CFD PADA HULL!


By Caesar Wiratama

This image has an empty alt attribute; its file name is aeroengineering_logo.png

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id +62 821-3868-4162

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *