Validasi openFOAM: Two ahmed bodies in platoon

OpenFOAM merupakan software opensource untuk computational fluid dynamics (CFD) yang dimiliki oleh OpenFOAM foundation dan didistribusikan secara eksklusif dibawash General Public License (GPL). GPL memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk mendistribusikan software dan memastikan penggunaanya akan selalu gratis selama dibawah ranah ketentuan lisensi. Dalam artikel ini akan dibahas salah satu kasus validasi software openFOAM.

Dalam kasus ini, model ahmed body klasik yang disusun berjajar dimodelkan menggunakan simulasi openFOAM dan dibandingkan dengan hasil eksperimen. Digunakan slant angle sebesar 25 derajat, dengan kecepatan 40 m/s, serta berbagai jarak spacing.

Berikut adalah hasil perbandingan antara hasil eksperimen dengan hasil openFOAM dengan berbagai spacing (x/L):

grafik drag coefficient terhadap x/L

Dari hasil di atas, terlihat bahwa terdapat error tertinggi sekitar 5%. Terlihat bahwa hasil eksperimen dibandingkan dengan simulasi openFOAM cukup dekat.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMPELAJARI TENTAN OPENFOAM

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

References:

http://www.wolfdynamics.com/tutorials.html?id=147

Some Salient Features of the Time-Averaged Ground Vehicle Wake, SAE-Paper 840300, 1984.

Aerodynamic Performance of Vehicles in Platoons: The Influence of Backlight Angles. SAE Technical Paper 2007-01-1547, 2007.

On the Aerodynamic Performance of Automotive Vehicle Platoons Featuring Pre and Post-Critical Leading Forms. R. Pagliarella, PhD Thesis. RMIT University.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *