continuous tray and conveyor belt dryers

Pengeringan mengacu pada penghilangan sejumlah kecil kandungan air dari bahan padat. Namun, istilah ini juga mengacu pada penghilangan cairan organik lainnya seperti benzena dari padatan. Pengeringan berbeda dengan penguapan karena penguapan melibatkan menghilangkan jumlah air yang relatif besar. Tujuan pengeringan adalah untuk mengurangi sisa cairan ke tingkat yang dapat diterima.

Umumnya proses pengeringan dibagi menjadi dua cara yaitu batch dan continuous. Tipe batch adalah pengering yang dirancang untuk pengoperasian dalam jumlah bahan tertentu dan dalam waktu tertentu dan kondisi kadar air suhu akan berubah pada tiap titik pengering. Tipe continous adalah pengering yang didesain untuk mengeringkan bahan secara terus menerus selama masih ada suplai bahan basah.

Pada artikel ini kami akan membahas metode continous dengan jenis pengering tray dan conveyor belt.

Continuous Tray Dryer

Continuous tray dryer. Sumber: http://www.solidswiki.com/index.php?title=Continuous_Tray_Dryers ; http://shintarosalia.lecture.ub.ac.id/files/2012/05/SRD_pengeringancont.pdf

Pengering jenis ini memiliki mekanisme siklus pada setiap baki/penampang. Mekanisme secara terus-menerus memindahkan baki melalui pengering, dan memungkinkan pemindahan dan penambahan baki tanpa menghentikan blower. Pengering ini memiliki kemampuan untuk menghindari pemanasan berlebih saat mengeluarkan baki. Desain ini memungkinkan pengeringan lebih banyak baki per jam.

Prinsip Kerja Continuous Tray Dryer

Prinsip kerja continuous tray dryer adalah sistem campuran antara tray dryer dan conveyor dryer. Sistem ini memiliki troli yang berputar kontinu. Setiap tray/penampang ditempatkan ke troli yang berputar. Bahan baku dipasok masuk secara terus menerus. Produk dapat dikeringkan dengan menggunakan bagian udara yang berbeda (bawah – atas – kanan – kiri). Setiap troli tetap di semua bagian udara dengan menggunakan sistem troli kontinu.

Bahan baku dimasukkan menuju feeder dan berakhir ke penampung produk jadi. Bahan baku dialirkan ke conveyor berjalan. Pada bagian bawah pengering terdapat heater yang memanaskan bahan baku sehingga menjadi kering seiring berjalannya conveyor. Energi kalor berpindah secara konveksi dari heater menuju bahan baku.

Conveyor Belt Dryer

Conveyor belt dryer. Sumber: https://www.bxdryer.com/products/continuous-mesh-belt-dryer/49.html ; https://www.mdpi.com/2411-5134/5/2/22/htm

Pengering conveyor belt adalah pengeringan dengan aliran terus menerus yang diterapkan untuk mengeringkan potongan strip dan bahan partikel dengan ventilasi yang baik. Mesin ini cocok untuk bahan-bahan seperti sayuran penguras air, jamu obat tradisional dan lain-lain, yang kadar airnya tinggi dan suhu pengeringan yang tinggi tidak diperbolehkan. Mesin memiliki kelebihan, kecepatan pengeringan cepat, kapasitas penguapan tinggi dan kualitas produk yang baik. Bahan-bahan baku seperti pasta yang telah dikeringkan & diubah harus dibuat menjadi partikel atau strip sebelum proses pengeringan. Terutama digunakan dalam Kedokteran, Bahan Makanan, Industri Farmasi.

Prinsip Kerja Conveyor Belt Dryer

Bahan didistribusikan secara merata di conveyor belt oleh feeder/food input. Pengering terdiri dari beberapa bagian. Untuk setiap bagian, udara panas disirkulasikan secara terpisah. Bagian dari gas yang habis dibuang oleh blower pembuangan uap air khusus. Gas buang dikendalikan oleh katup penyesuaian. Udara panas melewati belt yang ditutupi dengan membawa bahan air. Sabuk bergerak perlahan, kecepatan lari dapat disesuaikan secara bebas sesuai dengan properti material. Produk akhir setelah proses pengeringan akan jatuh ke kolektor bahan secara terus menerus.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TENTANG PERALATAN PROSES KIMIA LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

M. Walas, Stanley. 1990. Chemical Process Equipment: Selection and Design. Kansas: Butterworth-Heinemann.

http://www.solidswiki.com/index.php?title=Continuous_Tray_Dryers (diakses pada tanggal 3 Juni 2021)

http://shintarosalia.lecture.ub.ac.id/files/2012/05/SRD_pengeringancont.pdf (diakses pada tanggal 3 Juni 2021)

https://www.bxdryer.com/products/continuous-mesh-belt-dryer/49.html (diakses pada tanggal 3 Juni 2021)

https://www.mdpi.com/2411-5134/5/2/22/htm (diakses pada tanggal 3 Juni 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *