penyimpanan, pengukuran, dan ekspor minyak dan gas

Ketiga proses ini adalah proses terakhir sebelum minyak dan gas meninggalkan platform yang terdiri dari penyimpanan, pompa dan peralatan terminal pipa. Peralatan-peralatan yang biasa dipakai untuk proses di atas akan dijelaskan di bawah.

Penyimpanan/Storage

Storage tank atau yang lebih sering dikenal dengan tangki penyimpanan merupakan salah satu unit atau peralatan yang terdapat dalam bidang teknik proses baik dalam skala kecil, menengah ataupun industri
besar. Alat ini banyak ditemukan di industri kimia seperti industri oil and gas, petrokimia, polimer, dan yang lainnya. Kegunaan storage tank ini sangat luas. Selain untuk penyimpanan, juga sebagai media untuk mengalirkan fluida ke tangki atau unit yang lainnya.

Tangki penyimpanan seringkali berbentuk silinder, tegak lurus dengan tanah dengan dasar datar, dan atap yang rapuh atau terapung. Ada banyak peraturan lingkungan yang diterapkan pada desain dan pengoperasian tangki penyimpanan, seringkali bergantung pada sifat fluida yang terkandung di dalamnya. Tangki penyimpanan di atas tanah berbeda dengan tangki penyimpanan bawah tanah  dalam jenis peraturan yang diterapkan. Tangki penyimpanan di atas tanah dapat digunakan untuk menampung bahan-bahan seperti minyak bumi, bahan limbah, air, bahan kimia, dan bahan berbahaya lainnya, sambil memenuhi standar dan peraturan industri yang ketat.

Pengukuran Fiskal

Skema pengukuran. Sumber: Buku Oil and Gas Production Handbook (2006)

Gambar di atas menunjukkan sistem pengukuran hidrokarbon (minyak dan kondensat) cair penuh. Instrumen penganalisis di sebelah kiri menyediakan data produk seperti densitas, viskositas dan kandungan air. Kompensasi tekanan dan suhu juga disertakan.

Untuk mendapatkan akurasi yang diperlukan, alat ukur dikalibrasi. Metode yang paling umum adalah prover loop. Sebuah bola bergerak melalui loop, dan volume yang dikalibrasi disediakan antara dua detektor (Z). Ketika alat ukur akan dikalibrasi, empat jalur katup terbuka untuk memungkinkan minyak mengalir di belakang bola. Jumlah pulsa dari itu melewati satu detektor Z ke yang lain dihitung. Setelah satu putaran, katup empat jalur berputar untuk membalikkan arah aliran dan bola bergerak kembali dengan volume yang sama pada arah mundur untuk mengukur sinyal pulsa.

Pengukuran gas serupa, tetapi sebaliknya, alat ukurnya akan menghitung kandungan hidrokarbon dan nilai energi (MJ/scm atau BTU, Kcal/scf) serta tekanan dan suhu. Alat ukur biasanya orifice atau ultrasonik. Lubang pelat dengan diameter kurang dari pipa dipasang di kaset.

Pengukuran gas lebih tidak akurat daripada cairan, biasanya ± 1,0% dari massa. Biasanya tidak ada perulangan, sebagai gantinya instrumen dan pelat lubang dikalibrasi secara terpisah.

Pemuatan Laut (Marine Loading)

Pemuatan laut. Sumber: Buku Oil and Gas Production Handbook (2006)

Sistem pemuatan kapal tanker kompleks, keduanya karena volumenya terlibat, dan karena beberapa dermaga biasanya akan berinteraksi dengan pemberat kapal tanker sistem untuk mengontrol operasi pemuatan. Tangki harus diisi dalam urutan tertentu; jika tidak, struktur kapal tanker dapat rusak karena tegangan yang tidak merata. Ini adalah tanggung jawab sistem pemberat kapal tanker untuk memberi sinyal data ke sistem pemuatan dan untuk mengoperasikan katup dan monitor pada kapal.

Sambungan jalur pipa

Pipa gas diumpankan dari kompresor tekanan tinggi. Pipa minyak digerakkan oleh pompa booster terpisah. Untuk saluran pipa yang lebih panjang, kompresor atau pompa akan diperlukan karena jarak atau persimpangan yang sangat panjang.

Terminal pipa termasuk sistem terminasi untuk pipa. Setidaknya peluncur dan penerima akan disertakan, untuk memungkinkan penyisipan pigging pipa yang digunakan untuk membersihkan atau memeriksa pipa di bagian dalam. Ini pada dasarnya adalah ruang besar yang dapat diberi tekanan dan dibersihkan untuk memasukkan dan mengeluarkan babi atau scraper tanpa mengurangi tekanan pipa. Pigging sering didorong oleh aliran pipa.

>>KLIK DISINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL PROSES PRODUKSI MINYAK DAN GAS LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Devold, Havard. 2006. Oil and Gas Production Handbook: An Introduction to Oil and Gas Production. Oslo: ABB ATPA Oil and Gas.

https://www.applus.com/global/en/what-we-do/service-sheet/storage-tank-inspection (diakses pada tanggal 22 April 2021)

https://ergil.com/storage-tanks/ (diakses pada tanggal 22 April 2021)

https://gsb.co.id/product/storage-tank-for-cpo/ (diakses pada tanggal 22 April 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *