Evaporator

Evaporator merupakan salah satu mesin konversi energi yang bekerja untuk mengubah suatu zat yang berbentuk cairan menjadi uap. Biasanya evaporator ini memanfaatkan proses penguapan yang bekerja sebagai penukar kalor atau menukar panas dan memisahkan uap-uap yang terbentuk akibat proses penguapan dari zat cair.

Pada proses penukar kalor, panas akan ditukar atau dipindahkan dari fluida yang bertemperatur tinggi ke fluida yang memiliki temperatur yang lebih rendah sehingga akan terjadinya pemindahan panas dari suatu zat ke zat lainnya.

Sumber: saranaagungsejahtera.co.id

Dalam hal ini, secara keseluruhan pada dasarnya evaporator ini terdiri dari tiga bagian yaitu bagian penukar kalor, bagian evaporasi dan bagian pemisah uap dan cairan.

Bagian evaporasi adalah tempat terjadinya proses pendidihan dan penguapan.

Pada proses ini cairan dididihkan melalui saluran-saluran yang berbentuk pipa-pipa panas sehingga terjadilah proses penguapan.

Maka selanjutnya uap-uap yang dihasilkan dari proses pendidihan akan dipisahkan menggunakan bagian pemisah dari evaporator. Uap hasil dari pemisahan ini selanjutnya akan didistribusikan ke peralatan lainnya. Umumnya akan didistribusikan ke kondensor atau proses pengembunan.

Pengaplikasian evaporator ini biasanya terdapat pada sistem pendingin AC, kulkas, sistem pemurnian, industri kimia, pabrik gula, pabrik garam, industri makanan dan minuman serta pada beberapa alat penukar kalor yang
menggunakan sistem evaporasi.

Pengaplikasian pada sistem pemurnian dan industri kimia, evaporator bekerja mengubah zat cair atau bahan pelarut dalam suatu larutan menjadi uap sehingga akan menghasilkan residu yang diinginkan misal pada proses pemisahan air laut sehingga menghasilkan garam.

Jika pada sistem pendingin, evaporator akan menyerap panas dengan menggunakan cairan pendingin yang diuapkan dengan cepat sehingga akan menghasilkan efek pendinginan yang didistribusikan ke suatu lingkungan atau didalam suatu ruang dengan ventilasi yang tertutup efek pendinginan akan bekerja sangat optimal.

Dalam dunia industri, untuk melakukan berbagai pengaplikasian yang membutuhkan sistem evaporasi maka evaporator ini didesain dan diciptakan dalam berbagai jenis sesuai dengan kebutuhannya.

Pada umumnya alat evaporator ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya, submerged combustion evaporator, evaporator ini memanfaatkan api yang menyala dibawah permukaan cairan sehingga membentuk gelembung-
gelembung panas melewati cairan tersebut. Direct fired evaporator, evaporator ini memanfaatkan panas dan pembakaran gas pada dinding-dinding besi sehingga cairan akan menguap melewati dinding-dinding tersebut. Dan evaporator jenis stem heated evaporator, evaporator jenis ini menggunakan pemanasan stem berupa uap yang dikondensasikan sehingga membentuk uap panas yang ditransmisikan ke dinding-dinding dan cairan yang dipanaskan.

Kontributor: Rizki Maulizar (rizkimaulizar23@gmail.com)

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Sumber:

http://saranaagungsejahtera.co.id/evaporator/ (Diakses pada 2 April 2021)

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Evaporator (Diakses pada 4 April 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *