Generator

Generator adalah suatu alat yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Dalam hal ini berbanding terbalik dengan motor listrik, maka generator akan memanfaatkan energi mekanik untuk menghasilkan energi listrik. Pengkonversian energi dan proses yang sama namun hasil akhirnya berbeda.

Sumber: www.autoexpose.org

Generator listrik mengkonversi energi mekanik atau energi gerak yang bersumber dari alam berupa energi matahari, angin, air, gelombang pasang surut air laut, dan gas alam. Pengkonversian energi mekanik menjadi energi listrik melalui prinsip kerja induksi elektromagnetik.

Dikutip dari guru pendidikan.co.id, induksi elektromagnetik adalah peristiwa timbulnya arus listrik akibat adanya perubahan fluks magnetik atau banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang. Dengan demikian, suatu magnet dalam suatu kumparan atau lilitan tembaga yang digerakkan maka akan menghasilkan arus listrik. Kumparan atau lilitan tembaga merupakan konduktor atau alat penghantar listrik yang digerakkan oleh energi mekanik sehingga timbulnya garis gaya magnet dan menghasilkan arus listrik. Konduktor atau alat penghantar listrik terdiri dari tembaga, perak, emas, besi, air laut dan lainnya.

Kincir air atau turbin yang menghasilkan energi mekanik atau energi gerak dihubungkan melalui generator. Dalam generator energi gerak tersebut diubah menjadi gerak rotasi atau gerak putar menyebabkan magnet atau kumparan akan berputar dan menghasilkan garis gaya magnet sehingga menimbulkan arus listrik.

Generator listrik dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu generator arus searah DC dan generator arus bolak-balik AC. Pada dasarnya arus listrik yang dihasilkan oleh generator adalah arus bolak balik AC atau alternating current, namun akan menjadi arus searah DC atau direct current bila menggunakan komutator.

Pada generator, perbedaan arus AC dan DC terdapat pada cincin yang diletakkan pada ujung
kumparan. Pada generator AC terdapat dua cincin sedangkan generator DC hanya memiliki
satu cincin.

Komponen-komponen utama generator adalah stator atau komponen statis generator,
rotor atau komponen yang berputar pada generator dan rumah stator untuk melindungi
komponen bagian dalam stator.

Kontributor: Rizki Maulizar (rizkimaulizar23@gmail.com)

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Sumber:
https://www.autoexpose.org/2018/02/prinsip-kerja-generator-listrik.html?m=1 (Diakses
pada 4 April 2021)
https://www.gurupendidikan.co.id/induksi-elektromagnetik/ (Diakses pada 4 April 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *