Simulasi Computational Fluid Dyanmics (CFD) pada valve (katup)

Valve adalah perangkat yang berfungsi untuk mengatur, mengarahkan, dan mengontrol aliran fluida dengan cara membuka dan menutup atau menutup sebagian dari jalan aliran fluida. Pengoperasian valve dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan tuas, pegangan, putaran ulir, dan lain sebagainya. Sedangkan, pengoperasian valve secara otomatis biasanya menggunakan pengendalian dengan menggunakan prinsip perubahan tekanan, aliran, dan temperatur di dalam aliran fluida.

Dalam operasionalnya, terdapat aliran yang sangat kompleks terjadi di dalam valve karena geometri yang juga pada umumnya memiliki banyak fitur dan detail, belum lagi jika di dalamnya terdapat fenomena kavitasi yaitu perubahan fasa cair menjadi vapor pada suhu ruangan karena rendahnya tekanan pada aliran. Oleh karena itu, analisis menggunakan persamaan matematika murni (analitis) menjadi sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk dilakukan.

Pendekatan yang biasa digunakan adalah dengan membuat eksperimen empiris di laboratorium, namun metode tersebut memerlukan biaya yang relatif mahal untuk fabrikasi prototype, terlebih lagi proses pembuatan dan setup nya yang memakan waktu dan memiliki fleksibilitas yang sangat rendah.

Sehingga, penggunaan permodelan aliran fluida menggunakan komputer, atau dikenal dengan Computational Fluid Dynamics (CFD) menjadi cukup umum dan populer dignakan untuk analisis valve. Selain karena biayanya yang relatif rendah, fleksibilitas yang tinggi, serta waktu yang singkat, penggunaan CFD juga dapat “melihat” pola aliran secara mendetail sehingga kita dapat membuat judgement desain yang lebih terarah.

simulasi pola aliran dalam valve dengan CFD openFOAM

Kemudian, selain hal-hal mendasar seperti perhitungan pressure drop, mass flow rate, atau optimasi desain, CFD juga dapat digunakan untuk memprediksi terjadinya laju erosi serta mencari root cause dari suatu kegagalan dari suatu sistem pompa yang sudah ada, sehingga dapat membantu tim maintenance lapangan untuk menentukan tindakan.

Siulasi erosi pada inner body valve dengan CFD openFOAM

Kami menyediakan solusi berupa jasa project support bagi anda yang sedang mendesain sistem valve dengan CFD serta konsultasi dari pembuatan simulasi, penjelasan setingan yang digunakan, hingga pembahasan hasilnya.

>>KLIK DI SINI UNTUK JASA SIMULASI CFD PADA VALVE!

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD dan FEA.

Author: Caesar Wiratama

caesar@aeroengineering.co.id +62 821-3868-4162

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *