Simulasi Finite Element ANalysis (FEA) pada komponen otomotif

Komponen otomotif dirancang sedemikian rupa sehingga keandalannya relatif tinggi. Komponen otomotif dibuat dengan material logam campuran khusus yang mengikuti kode dan standar internasional. Standar dan kode ini dirancang agar kendaraan nyaman dan aman ketika digunakan pengendara.

Salah satu metode yang sudah sangat umum digunakan bertahun-tahun pada industri desain otomotif adalah menggunakan Finite Element Method (FEM) atau FEA yang mampu memprediksi kekuatan dari sebuah part yang kita dapat langsung peroleh dari permodelan komputer di CAD. Berikut adalah salah satu contoh perhitungan kekuatan baut dengan FEM:

simulasi baut dengan FEA code_aster

Namun, kita harus pahami juga sebagai desainer yang akan me-manufaktur produk-produk atau parts dengan jumlah yang sangat banyak, bahkan hingga ribuan dalam waktu sehari, yang artinya sedikit saya pengurangan jumlah material yang digunakan dalam satu part dapat menghemat cost yang sangat banyak, sehingga selain kuat, part yang didesain juga harus memiliki berat material yang optimal. Berikut adalah contoh optimasi desain connecting rod dengan FEM:

simulasi connecting rod dengan FEA code_aster

Selain perhitungan seputar kekuatan, optimasi berat, analisis kegagalan struktur, serta perhitungan ekspektasi umur yang biasanya cukup penting untuk memprediksi umur service komponen elektronik, menggunakan FEA, kita dapat juga memprediksi performa termal suatu komponen, misalkan perhitungan efektifitas pendinginan dan distribusi temperature pada engine block seperti pada contoh berikut:

simulasi pendinginan engine block dengan FEA code_aster

Kami menyediakan solusi berupa project support bagi anda yang mendesain komponen otomotif dengan software FEA serta konsultasi pembuatan simulasi, penjelasan setingan, serta pembahasan hasil simulasi itu sendiri.

>>KLIK DI SINI UNTUK JASA SIMULASI FEA PADA KOMPONEN OTOMOTIF!

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan jasa layanan dibawah CV. Markom dengan berbagai jenis solusi, mulai dari drafting CAD, pembuatan animasi, simulasi aliran dengan CFD dan simulasi struktur dengan FEA.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *