JASA SIMULASI FINITE ELEMENT ANALYSIS PADA PRESSURE VESSEL

Anda ingin mendesain sebuah mesin atau struktur? ingin memastikan bahwa mesin atau struktur yang anda buat memiliki kekuatan yang cukup sehingga aman, atau memastikan tidak terlalu berat dan membutuhkan banyak biaya untuk bahan pembuatanya?

Tanpa perlu menggunakan pengujian fisik yang mahal ataupun melakukan perhitungan analitik yang rumit, hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan simulasi komputer yaitu menggunakan metode analisis elemen hingga atau Finite Element Analysis (FEA) biasa juga disebut Finite Element Method(FEM).

Salah satu sistem yang umum didesain menggunakan FEM adalah Pressure vessel. Meskipun metode yang paling umum digunakan adalah menggunakan standar-standard yang sudah ada, Kekuarangan dari aturan-aturan ini adalah, tentu saja, mereka tidak dapat mencakup detail-detail yang diinginkan oleh desainer, terutama desain inovatif. Sebagai contoh, Section VIII, division 1 memberikan beberapa peringatan untuk desainer mempertimbangkan efek gradasi termal, beban pipa, beban nozzle, beban fluktuatif, seismic, angin dan lain sebagainya, namun sayangnya tidak banyak terdapat petunjuk spesifik atau persamaan untuk mencakup hal-hal tersebut. Selanjutnya, tegangan yang diijinkan yang diberikan dari kode tersebut berdasarkan tegangan pada membrane rata-rata yang sangat disederhanakan. Di sisi lain, misalkan beban termal, menghasilkan jenis tegangan yang berbeda yang tidak dapat dibatasi oleh nilai S dalam kode.

sehingga digunakan metode permodelan komputer untuk menghitung parameter-paramter struktur, atau dikenal juga dengan istilah Finite Element Analysis (FEA). Berikut adalah contoh desain pressure vessel secara global menggunakan FEA:

desain pressure vessel dengan FEA

Kemudian, desain komponen-komponen dengan beban sekunder seperti misalkan perpipaan, manhole, flange, beserta sambungan-sambungan detail lainya sering kali tidak tercakup pada standar desain pressure vessel, sehingga Finite Element Method juga cukup berperan pada desain komponen-komponen tersebut. Berikut adalah contoh analisis desain komponen-komponen sekunder yang berada di roof sebuah pressure vessel:

meshing pada komponen detail pressure vessel

Kami menyediakan solusi berupa jasa project support bagi anda yang sedang mendesain pressure vessel dengan FEA serta konsultasi dari pembuatan simulasi, penjelasan setingan yang digunakan, hingga pembahasan hasilnya. Tim kami terdiri dari para engineer yang sudah berpengalaman menghandle project simulasi baik untuk kasus yang berorientasi praktis lapangan maupun akademis yang sangat teoritis sejak tahun 2013.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMPELAJARI JASA SIMULASI FEA KAMI LEBIH LANJUT!

Profile/portfolio: caesar wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.