instrumen udara

Penggunaan instrumen udara berguna menghilangkan emisi gas alam dari pengontrol pneumatik gas alam. Namun, sistem ini hanya dapat digunakan di lokasi dengan pasokan tenaga listrik yang cukup dan konstan. Sistem instrumen udara juga biasanya dipasang di fasilitas di mana terdapat katup kontrol pneumatik konsentrasi tinggi dan kehadiran operator yang dapat memastikan sistem berfungsi dengan baik.

Volume udara besar yang terkompresi diperlukan untuk kontrol katup pneumatik, aktuator, dan peralatan. Instrumen udara dikendalikan oleh kompresor elektrik dan diperlakukan lebih lanjut untuk membebaskan gas/udara dari partikel, minyak dan air.

Komponen utama dari instrumen udara adalah kompresor, sumber daya, dehidrator, dan tangki volume.

Kompresor

Kompresor

Kompresor yang digunakan untuk penghantaran instrumen udara tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, dari kompresor sentrifugal (sekrup putar) ke piston reciprocating. Ukuran kompresor tergantung pada ukuran fasilitas, jumlah perangkat kontrol yang dioperasikan oleh sistem dan bleed rate. Kompresor biasanya digerakkan oleh motor listrik yang hidup dan mati, tergantung pada tekanan dalam tangki volume. Untuk keandalan, kompresor cadangan lengkap biasanya dipasang. Jumlah minimum pasokan listrik diperlukan untuk menyalakan kompresor.

Sumber Daya

Komponen penting dari sistem kontrol instrumen udara adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kompresor. Karena gas alam bertekanan tinggi berlimpah dan mudah tersedia, sistem pneumatik gas dapat berjalan tanpa gangguan selama 24 jam seminggu. Keandalan sistem udara instrumen, tergantung pada keandalan kompresor dan catu daya listrik. Industri gas alam terbesar memiliki catu daya listrik yang ada atau memiliki sistem pembangkit listrik sendiri. Namun, untuk fasilitas yang lebih kecil dan di lokasi terpencil, sumber tenaga listrik jarang tersedia. Dalam beberapa kasus, kompresor udara yang dioperasikan dengan baterai bertenaga surya bisa efektif untuk lokasi terpencil, yang rendah emisi metana dan konsumsi energi. Sel bahan bakar bertenaga gas alam kecil sekarang sedang dikembangkan.

Dehydrator

Dehydrator. Sumber: https://kimray.com/product-application/dehydrator-pneumatic

Alat yang digunakan untuk menghilangkan air dan uap air dari gas. Dehidrasi gas dapat dicapai melalui dehidrator glikol atau dehidrator dry-bed, yang masing-masing menggunakan pengering cair dan pengering padat. Dehidrator gas dirancang hanya untuk menangani uap air dan gas. Jika air atau minyak cair masuk ke dehidrator, perangkat tidak dapat bekerja dengan baik.

Volume Tank

Tangki volume menampung cukup udara untuk memungkinkan sistem kontrol pneumatik memiliki pasokan udara bertekanan tinggi tanpa gangguan tanpa harus menjalankan kompresor udara terus menerus. Tangki volume memungkinkan penarikan besar udara terkompresi untuk waktu yang singkat waktu, seperti untuk starter motor, pompa pneumatik, atau alat pneumatik, tanpa mempengaruhi fungsi kontrol proses.

Udara terkompresi dapat menggantikan gas alam dalam sistem pneumatik tanpa mengubah salah satu bagian dari kontrol pneumatik. Penggunaan instrumen udara menghilangkan gas alam emisi dari pengontrol pneumatik bertenaga gas alam. Semua bagian lain dari sistem pneumatik gas akan beroperasi dengan cara yang sama dengan instrumen udara seperti yang dilakukan dengan gas alam.

>>KLIK DISINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL PROSES PRODUKSI MINYAK DAN GAS LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Devold, Havard. 2006. Oil and Gas Production Handbook: An Introduction to Oil and Gas Production. Oslo: ABB ATPA Oil and Gas.

https://www.ourenergypolicy.org/wp-content/uploads/2014/04/epa-devices.pdf (diakses pada tanggal 15 September 2021)

https://kimray.com/product-application/dehydrator-pneumatic (diakses pada tanggal 15 September 2021)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *